Korea Utara Kritik Kunjungan Nancy Pelosi ke Taiwan, Dukung Kemarahan China

By Nad

nusakini.com - Internasional - Korea Utara pada hari Rabu (3/8) mengecam kunjungan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat AS Nancy Pelosi ke Taiwan, menyebut langkah itu sebagai "campur tangan kurang ajar" oleh Washington ke dalam urusan internal negara lain.

Kementerian luar negeri Pyongyang mengatakan kunjungan itu "membangkitkan keprihatinan serius masyarakat internasional," dan menyatakan dukungan mereka untuk protes keras yang dilakukan China.

"Situasi saat ini dengan jelas menunjukkan bahwa campur tangan AS yang kurang ajar dalam urusan internal negara lain dan provokasi politik dan militer yang disengaja, memang, merupakan akar penyebab gangguan perdamaian dan keamanan di kawasan itu," kata juru bicara kementerian seperti dikutip seperti yang dikatakan oleh Kantor Berita Pusat Korea resmi dalam menanggapi pertanyaannya tentang masalah ini.

"Taiwan adalah bagian tak terpisahkan dari China dan masalah Taiwan berkaitan dengan urusan dalam negeri China," tambah juru bicara itu, menurut laporan berbahasa Inggris badan tersebut. (Yonhap/dd)